Pilih Sunscreen Sesuai Warna Kulit Wanita

Tips Cara Pilih Krim Pelindung Kulit Dari Matahari
Untuk melindungi kulit Anda  dari sinar matahari maka Anda harus pintar dalam memilih sunscreen. Anda juga harus memilih sunscreen secara tepat yang  disesuaikan dengan jenis warna kulit Anda.
Kulit Putih
Semua orang tahu, cara terbaik mencegah kerusakan kulit karena sinar mataharu adalah dengan menghindari paparan sinar matahari. Terlebih lagi untuk iklim tropis, kulit yang lebih tipis dan memiliki lebih sedikit kelenjar minyak sehingga berkemungkinan lebih besar sunscreen menyebabkan iritasi. 
Hindari warna kemerahan 
yang disebabkan sunscreen dengan memilih sunblock fisik yang kurang mengiritasi. Seperti yang mengandung titanium dioxide atau zinc oxide. Hindari sunscreen yang mengandung avobenzone atau parsol 1789. Anda bisa memiliki SPF yang kandungannya minimal 30. Garis-garis kerut dan bintik-bintik kecokelatan 
akibat paparan sinar matahari bisa terjadi pada semua jenis kulit tetapi lebih terlihat pada kulit putih. Anda bisa oleskan produk yang mengandung antioksidan vitamin C dan E secara teratur untuk membantu meningkatkan perlindungan alamiah kulit terhadap sinar matahari. Tonjolkan kulit putih seperti porselin dengan penutupan tipis. Oleskan sunscreen Anda yang biasa. Lalu oleskan di atasnya pelembab berwarna (tinted moisturizer). Taburkan bedak shimmery pada daerah T untuk memberikan sedikit kilap.
Kulit Sedang
Menurut sebuah study, banyak orang yang menilai kulitnya lebih gelap dari yang sebenarnya. Kulit gelap memiliki lebih banyak pigmen yang merupakan pelingdung alamiah terhadap sinar matahari. Jika Anda menganggap kulit Anda lebih gelap dari yang sebenarnya, kemungkinan Anda tidak melakukan tindakan yang diperlukan untuk melindungi kulit Anda.
Untuk mengetahui warna yang sebenarnya dari kulit Anda, silahkan coba perhatikan kulit di bawah payudara atau bagian yang tidak pernah sama sekali terkena sinar matahari (bottom). Tahu kan maksudnya? Jika kulit Anda benar-benar berwarna sedang maka Anda bisa memilih SPF yang lebih rendah antara 15 hingga 20. Tapi penting untuk mengoleskannya setiap hari.
Tanda-tanda penuaan khas yang muncul pada kulit putih di pertengahan usia 20-an 
biasanya muncul di kulit. Anda pada awal usia 30-an. Gunakan krim yang mengandung Retin-A untuk mencerahkan bintik-bintik kecokelatan, menghaluskan garis-garis dan tenangkan dengan steroid. Krim ini hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Atau pilih krim yang dijual bebas, yang mengandung retinol. Anda bisa gunakan sunscreen ini 2 kali seminggu sebagai langkah awal lalu tingkatkan menjadi setiap malam.
Kulit Gelap
Kerusakan kulit yang disebabkan sinar matahari cenderung lebih belakangan muncul pada kulit Anda, tapi cedera akibat sinar UV tetap terjadi di bawah permukaan kulit. Karena itu, perlu mengoleskan ulang SPF. Kulit berwarna sedang hingga gelap cenderung lebih berminyak daripada kulit putih. Tapi jangan meninggalkan sunscreen karena menganggapnya berminyak. Cobalah formula oil free.
Tanda-tanda pertama kerusakan kulit akibat sinar matahari 
adalah bintik putih atau gelap yang merupakan bukti, sel-sel memproduksi melanin terlalu sedikit atau terlalu banyak. Bintik gelap bisa dicerahkan dengan senyawa pencegah kulit yang dijual bebas. Perlu diketahui, bahwa mencerahkan kulit dengan bahan pencerah atau bleaching yang pekat termasuk rumit. Dilakukan terlalu berlebihan bisa menyebabkan kulit yang putih menjadi pucat.
(Source: Jawa Pos. Tabloid Nurani)