Daftar Keju Bersertifikat Halal di Indonesia

Ciri Keju Yang Halal Aman Sehat
Bagaimanakah cara memilih keju yang halal? Adakah keju yang diragukan kehalalannya? Dan produk keju apa saja yang sudah bersertifikat halal? 
Pada dasarnya produk keju berasal dari susu yang diproses lebih lanjut. Susu sapi ataupun susu hewan mamalia lainnya, dipasteurisasi lebih dulu untuk membunuh bakteri yang berbahaya, lalu dilanjutkan dengan penambahan bahan koagulan agar terjadi penggumpalan. Sebagai koagulan dapat digunakan senyawa enzim seperti rennet, pepsin atau bahan lainnya yang sesuai. Gumpalan yang terbentuk dipisahkan dari cairannya dan diproses lebih lanjut menjadi produk keju (cheese). Dalam prosesnya dapat ditambahkan bahan-bahan tertentu untuk memberi rasa atau aroma tertentu sesuai yang diinginkan. Setelah padatan keju dipisahkan, sisa cairannya disebut whey, yang bisa digunakan untuk bahan campuran pembuatan roti atau kue. Dapat juga diproses lagi untuk menghasilkan lactose atau gula susu.
Keju Yang Halal Bagaimana?
Bahan yang dianggap sebagai biang titik kritis kehalalannya ialah enzim yang digunakannya. Kalau dalam prosesnya digunakan enzim rennet, pepsin, lipase atau chymosin yang berasal dari sapi yang disembelih dan diproses secara Islami maka halal dikonsumsi, tetapi kalau dari babi maka produk keju yang dihasilkan termasuk haram. Tetapi kalau enzim tersebut berasal dari tanaman, maka tidak menjadi masalah. Lain lagi kalau enzim tersebut berasal dari mikrobia, maka status kehalalannya bergantung dari media yang digunakan. Bila mikrobia dibiakkan dalam media yang halal, bukan di dalam media yang haram dan najis, maka boleh digunakan. 
Yang perlu dihindari 
adalah penggunaan blood agar. Demikian pula jika protein sederhana atau asam amino dalam medianya berasal dari kedelai yang diproses dengan porcine (enzim yang berasal dari babi), tentulah menjadi terlarang. Enzim Rennet, sekarang dapat diperoleh dari mikroba dan fungi/jamur. Mikroba sebagai sumber koagulan tersebut antara lain Bacillus polymyza, Mucor miehei, Mucor pusillus, dan E. parasitica. Selain itu, ada juga tanaman yang menghasilkan enzim semacam itu, misalnya Pineapple dan Castor oil seeds. Mikroba yang tumbuh dan berasal dari media pertumbuhan yang najis/haram adalah haram.
Merk Keju Yang Halal di Indonesia
Keju yang sudah bersertifikat halal antara lain adalah produk dari PT. Dairygold Indonesia, PT. Yummy Food Utama. Belgomilk CVBA (Kabulinco), PT KRAFT ULTRA JAYA INDONESIA dan CV Bukit Baros Cempaka.
(Source: Tabloid Nurani)