Tips Rambut Tetap Sehat Setelah Bleaching

Cara Merawat Rambut Yang Dibleaching
Jika rambut Anda sudah pernah dicat, maka pasti tidak asing dengan proses bleaching. Sayangnya proses ini ternyata memberikan efek negative untuk rambut. Namun Anda dapat mengatasinya dengan perawatan rutin. Bleaching adalah proses menghilangkan pigmen alami rambut yang dapat memudahkan saat pewarnaan agar hasil lebih maksimal. Kebanyakan, sebelum memulai mewarnai rambut, maka akan dilakukan dulu proses bleaching. Mengapa harus dilakukan bleaching? Hal ini untuk memaksimalkan warna yang diaplikasikan pada rambut.
Level pigmen rambut sendiri ada 7
Yang pertama adalah hitam, cokelat, merah, keemasan, kuning keemasan, kuning, dan terakhir kuning pucat. Yang menentukan proses bleaching harus sampai pada level berapa adalah tergantung dari warna yang akan diaplikasikan pada rambut. Misalnya, jika Anda ingin mewarnai rambut dengan warna merah, maka bleaching cukup dilakukan sampai pada level ketiga. Karena pada level ini, warna rambut dan warna cat rambut dapat tercampur (blend) dengan baik.
Rambut Kering
Jika dilihat dari penjelasan di atas maka manfaat dari bleaching sendiri adalah memaksimalkan proses pewarnaan rambut yang diinginkan. Namun, ternyata bleaching juga dapat membawa dampak negative pada rambut. Menurut ahli kecantikan, rambut kering, bercabang dan rontok tentunya tidak dapat dihindari setelah Anda melakukan proses bleaching. Hal ini merupakan dampak dari hilangnya pigmen alami kulit. Apalagi proses penghilangan pigmen tersebut menggunakan bahan-bahan kimiawi. Karena itu, bagi Anda yang sudah melakukan bleaching, maka efek di atas memang sudah sewajarnya. Namun, tentunya ada pula usaha untuk dapat mengatasi kondisi rambut yang rusak tersebut. Disarankan bagi yang sudah melakukan proses bleaching haruslah melakukan perawatan rutin pada rambut. Jika dulu Anda mungkin tidak terlalu memerhatikan rambut, maka setelah bleaching kebiasaan itu harus dihilangkan.
Mengapa penting? 
Karena pigmen alami sudah dihilangkan. Otomatis, nutrisi rambut juga hilang dan keadaan rambut juga menjadi lebih rentan. Karena itu, untuk mencegah kerusakan rambut yang lebih parah, harus diberikan nutrisi tambahan pada rambut. Caranya adalah dengan melakukan hair spa setiap minggu atau minimal 2 minggu sekali. 
Manfaat dari hair spa ini sendiri di antaranya adalah:
  1. Menberikan nutrisi pada kulit yang rusak.
  2. Memberikan efek kuat pada akar rambut untuk mengurangi rambut rontok.
  3. Memberikan vitamin pada rambut yang berfungsi melembabkan rambut agar tidak kering. Mengurangi rambut bercabang.
Bagi Anda yang gemar melakukan perawatan pada rambut seperti pewarnaan, rebonding, dan lain-lain, maka ketika Anda melakukan bleaching lagi, harus memperhatikan kadar pemberian campuran bahan kimia dari proses bleaching. Untuk rambut yang sudah sering terkontaminasi perawatan rambut, disarankan untuk memakai bahan campuran untuk bleaching hanya sebanyak 6 persen. Hal ini untuk mencegah kerusakan rambut lebih parah.
(Source: Tabloid Nurani)