Penyebab Bayi Cacat

Gaya Hidup VS Cacat Janin Bayi
Ternyata para pakar kedokteran menyebabkan bahwa gaya hidup yang tidak sehat dan kondisi kejiwaan calon maupun ibu hamil serta kondisi lingkungan sekitarnya, menjadi penyebab utama banyaknya kasus kelahiran bayi cacat. Gaya hidup memengaruhi pemenuhan kebutuhan gizi bagi janin yang di dapat dari asupan makanan ibu.
Memilih Makanan Bebas Karsinogen
Untuk itu dibutuhkan gizi seimbang bagi ibu hamil, sehingga nantinya akan melahirkan generasi yang berkualitas. Namun sayangnya pengetahuan tentang kebutuhan gizi seimbang tidak cukup membuat seorang calon maupun ibu bisa melakukannya. Di Indonesia, menurutnya masih banyak warga yang hidup di bawah garis kemiskinan. Dan ada pula yang ekonominya termasuk kelas menengah keatas yang kurang sadar untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi dirinya yang sedang hamil, sekaligus gizi bagi janinnya. 
Banyak makanan awetan  
 yang dijual di pasaran, yang katanya meningkatkan prestise, sering menjadi pilihan para wanita yang bekerja. Ada juga makanan gorengan yang banyak dijajakan di mana-mana, diolah dengan memakai minyak bekas pakai yang dijual murah di pasar. Pada makanan itu banyak mengandung bahan tambahan yang membahayakan, dan juga mengandung karsinogen (zat pemicu kanker), seperti MSG, bahan pewarna dan pengawet, yang semuanya tidak baik bagi manusia, terlebih ibu hamil.
Kandungan Gizi
Komposisi gizi yang seimbang dalam kuantitas dan kualitas, antara lain harus mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak. Semuanya dapat diperoleh dari produk nabati dan hewani dengan jumlah yang seimbang pula, meskipun di antara produk hewani tersebut ada pula yang dapat digantikan oleh produk nabati.
Hindari Stres
Selain gaya hidup, stress juga memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan. Kondisi kehamilan dipengaruhi pula oleh kondisi kejiwaan ibu hamil yang juga didukung oleh suami dan anggota keluarganya yang lain.
Stres yang biasanya lebih mudah menyerang wanita, terutama yang berkarier, disinyalir menjadi penyebab banyaknya terjadi kelainan pada bayi yang dikandungnya, terutama kelainan mental. 
Harus Siap Mental dan Biaya
Seorang ibu hamil yang memiliki kemauan dan kesiapan mental pasti akan lebih sadar dan mematuhi segala aturan yang ditetapkan untuk kesehatan diri dan bayinya. Apalagi dengan dukungan yang kuat dari orang-orang di sekitarnya akan sangat membantu.
(Source: Tabloid Nurani)