Menu Anti Kolesterol Terbaik Pilihan Dokter

Menu Penurun Kolesterol
Ada seorang pria, berumur 38, baru tes darah. Hasilnya, kolesterol 276 mg/dL, trigliserida 207 mg/ dL, BSN 108 mg/dL, asam urat 6,0 mg/dL. Bagaimana cara untuk mengurangi kolesterol? Menu apa yang boleh dikonsumsi? Istrinya sering membuatkan jus mentimun kombinasi dengan bawang putih.
Dokter menjawab,
Dislipidemia merupakan gangguan metabolisme lemak dalam darah. Kondisi itu ditandai oleh peningkatan kadar kolesterol total, LDL, HDL, serta trigliserida. Pria tersebut memang tergolong usia yang masih muda. Kadar kolesterol, trigliserida, serta asam urat yang tinggi memerlukan obat penurun kolesterol dan trigliserida. Misalnya, statin dan fibrat. Sedangkan untuk penurun asam urat, diperlukan obat allupurinol. Dislipidemia merupakan factor penting terjadinya aterosklerosis. Kondisi itu bisa berakibat pada penyakit jantung koroner (PJK). Tentu, diperlukan asupan diet rendah lemak.
Contoh Menu
yang dianjurkan adalah nasi, roti tinggi serat, ubi, kentang, ikan segar, ayam tanpa kulit, dan putih telur. Selain itu, tempe, tahu, kacang-kacangan, susu kedelai, susu rendah lemak, yogurt, dan keju rendah lemak. Untuk asam urat atau hyperuricemia, diperlukan diet rendah purin. Yaitu, menghindari atau membatasi jeroan, bebek, burung dara, emping, serta tape. Jus mentimun dan bawang putih dalam batas tertentu masih diperbolehkan.
(Source: Tabloid Nurani)