Aturan Diet Bagi Pasien Batu Kandung Empedu

Panduan Diet Untuk Orang Sakit Empedu
Pengaturan diet berperan penting pada kesembuhan pasien peradangan ataupun batu kandung empedu. Padahal diet yang dijalani tergolong sulit, karena harus menghindari makanan yang berlemak yang biasanya membuat masakan menjadinterasa gurih dan bercita rasa.
Ada dua hal yang membedakan diet pada pasien dengan batu kandung empedu. 
Yaitu, pertama yang khusus untuk pasien overUight dan obesitas. Yang kedua yaitu untuk pasien dengan berat badan ideal dan kurus. Setelah terdiagnosis, pasien overntuk ight dan obesitas melakukan diet lemak rendah (DLR) tipe satu. Yaitu 996 KKal per hari. Dalam diet, menjelang operasi itu, pasien tidak boleh mengonsumsi lemak sama sekali. Makanan yang paling dianjurkan adalah papaya dan pisang.
Kondisi berbeda 
terjadi pada pasien pascaoperasi pangangkatan batu kandung empedu. Dietnya DLR tipe dua dengan takaran 1.250 KKal per hari. Pasien diberi makanan yang lunak dan bebas lemak yaitu bubur. Saat kondisi pasien sudah memungkinkan, makanan lunak diganti nasi biasa. Pada diet jenis itu, pasien tidak boleh memakan asupan berlemak sama sekali. Tidak boleh makan buah yang menghasilkan gas. Contohnya, durian dan nangka.
Buah yang dianjurkan untuk dimakan adalah apel. Telur ayam boleh dimakan dalam bentuk telur ceplok. Dimasak dengan air, bukan dengan minyak goreng.
Berbeda  
pada pasien dengan kandung empedu dengan berat badan ideal dan kurus. Kalori yang disarankan 2.050 KKal per hari. Pasien tetap diharuskan makan makanan lunak (bubur). Dalam setiap menu dibolehkan satu jenis makanan berlemak. Misalnya, lauk digoreng atau sayur ditumis. Pascabedah, dilakukan diet DLR tipe tiga. Begitu juga bila operasi pengangkatan batu plus kandung empedu.  
Menurut ahli kesehatan
pasien dengan mobilitas tinggi pola diet harus tetap dijaga. Bila pasien ada keperluan keluar negeri segera pascaoperasi, tidak perlu khawatir karena banyak tersedia makanan organic dan makanan khusus vegetarian di banyak negara lain.
Diet Khusus Pasien Overweight dan Obesitas
Sebelum Operasi:
Contoh menunya adalah pada 07.00 pagi minum teh manis. Pada 08.00 makan pisang dan sirup manis. Pada 10.00 siang makan papaya. Setelah itu tiap dua jam sekali makan pepaya dan pisang bergantian.
Pascaoperasi pengangkatan batu empedu, atau batu sekaligus kandung empedu:
Contoh menunya adalah pagi hari makan bubur dan ayam rebus. Siang makan nasi tim. Malam makan bubur. Setelah kondisi memungkinkan boleh memakan nasi.
Khusus Psien dengan Berat Badan Ideal dan Kurus
Sebelum Operasi:
Menu pagi: telur ceplok dan roti. Siang: tumis sayur dan ayam rebus serta bubur. Malam : ikan bakar, lalapan sayur dan nasi tim.
Pascaoperasi pengangkatan batu empedu, atau batu sekaligus kandung empedu:
Menunya sama dengan menu sebelum operasi.
Camilan: Semua jenis buah, kecuali durian dan nangka. Pilihan sayur beragam, kecuali sawi, kol, kacang merah, dan mentimun.
(Source: Tabloid Nurani)