Operasi Pada Tonsilitis Atau Radang Amandel

Infeksi Saluran Teggorokan
Jika kita menderita infeksi pada bagian kelenjar yang ada di dalam tenggorokan bagian atas akibat panas dalam karena adanya makanan yang tersangkut dan tidak dapat ditelan maka bagian amandel kita akan membengkak, dan inilah yang disebut tonsillitis. Kondisi tonsil atau amandel yang membengkak ini akan menutupi saluran makanan menuju usus halus. 
Terus Bagaimana?
Jika terjadinya tonsillitis ini telah berlangsung lama maka dapat berakibat timbulnya nanah dan seperti bisul atau abses. Jika parah akan juga menyebabkan infeksi pada telinga. Jika demikian Anda harus segera mengobatinya dengan cara minum obat khusus penyakit amandel atau tonsillitis. Banyaklah minum vitamin C untuk mengurangi pembengkakan tonsil.
Sebaiknya Dioperasi?
untuk segera mendapatkan kejelasan tentang bagaimana mengatasi tonsillitis yang terlanjur diderita parah ini Anda pergi ke dokter atau puskesmas. Tentu saja resep dokter lebih dapat dipercaya daripada perkiraan Anda sendiri jika ingin segera sembuh pada proses pengobatannya. Operasi pengangkatan amandel ini dapat ditanyakan ke dokter spesialis yang menangani masalah THT. Jika disetujui untuk dilakukan operasi, maka sudah tentu Anda harus menyediakan dana secukupnya. Sebelum operasi minumlah vitamin C secara teratur.
Pencegahan 
Terjadinya tonsillitis ini, dapat diusahakan dengan cara menjaga kesehatan mulut secara sempurna. Bersihkan gigi dan mulut secara efektif dengan menggosok gigi atau melengkapinya dengan obat kumur yang mengandung antikuman. Banyak makan buah-buahan yang mengandung antioksidan, seperti tomat, anggur dan lain-lain.
Hati-hati Saat Menelan Makanan 
karena kadangkala kita tidak dapat menelan makanan secara lancar. Apabila ada sedikit saja nasi tersangkut di tenggorokan, dan tidak bisa segera tertelan ke bawah menuju usus, maka dapat mengakibatkan mengumpulnya kuman dari mulut ke bagian amandel. Sehingga mengakibatkan infeksi ringan yang bisa menjadi parah bila tidak segera diobati.
Sebab Lain
Peningkatan suhu badan akibat demam flu dibarengi adanya makanan yang tersangkut ditenggorokan ini  dapat menyebabkan pembengkakan pada tonsil lebih cepat. Intinya obati dengan tepat waktu atau pergi ke dokter segera adalah jalan mudah untuk sembuh.
(Source: Tabloid Nurani)