Nama Tumbuhan Sangat Beracun

Hindari tanaman ini!
Jika Anda menemukannya, sebaiknya jangan sembarangan menyentuhnya bahkan terkena getahnya sedikitpun, karena jenis-jenis tanaman ini mengandung cairan racun sangat berbahaya bagi manusia. Apa saja namanya silahkan simak dibawah ini. 
Nerium Oleander
mengandung racun sangat kuat dan efeknya dapat terasa kuat pada jantung manusia. Bagian-bagiannya mengandung racun tertentu. Umumnya ditemukan di daerah mediterania. Tingginya mampu mencapai sekitar 5 meter. Efek keracunan akibat memakan daunnya adalah pusing, sakit perut, denyut jantung tak beraturan, diare, menimbulkan kantuk hebat hingga kematian. Penderita harus diobati segera, kurang dari 24 jam setelah memakan daunnya. Karbon aktif akan dapat menyerap racun yang ditimbulkan, dan pompalah perut agar memuntahkan daun yang termakan.
Buah Jarak 
memiliki nama lain Castor bean, Ricinus communis. Banyak ditemukan dipagar pekarangan rumah. Mengandung racun kuat yaitu ricin. Bijinya adalah bagian paling mematikan bagi manusia jika dimakan. Tiga biji yang dimakan dapat menyebabkan kematian seorang kanak-kanak. Efek akibat memakan biji Jarak adalah mual, muntah, kram perut hingga  pendarahan organ dalam dan gagal ginjal. Mnghirup debu yang mungkin menempel pada bijinya dapat mengakibatkan sesak napas, batuk dan nyeri pada otot manusia.  
Kecubung 
memiliki nama lain Atropa belladonna, mengandung racun atropine dan scopolamine pada batang. Efek racunnya mempengaruhi syaraf, pada dosis tertentu dapat berakibat lumpuhnya ujung syaraf , pembuluh darah hingga jantung serta otot organ pencernaan. Gejalanya yaitu membesarnya pupil mata, hypersensitive terhadap cahaya, mata kabur, kejang, sakit kepala dan kebingungan. Dosis mematikan adalah 10 hingga 20 biji pada orang dewasa. Dua biji yang dimakan anak kecil berakibat kematian. 
Saga atau Rosary Pea 
disebut juga Abrus precatorius. Racunnya disebut abrin, terletak pada lapisan bijinya. Banyak ditemukan di daerah tropis dan sub tropis. 3 mikrogram atau kurang sudah dapat berakibat kematian pada manusia. Gejalanya timbul  setelah tiga hingga lima hari, dan ciri-cirinya adalah sesak napas, mual, muntah, dehidrasi, gagal ginjal, sakit pada hati dan limpa, demam dan timbul cairan pada paru-paru.  
Cicuta Maculata 
atau water hemlock. Banyak terdapat di Amerika Utara. Racunnya disebut cicutoxin, terkonsentrasi di akar dan juga ada di seluruh bagian tanaman. Efeknya adalah mual, muntah, kaku kejang, dank ram yang menyakitkan, serta tremor atau gemetar pada otot. Orang yang diobati secara cepat dapat diselamatkan nyawanya, namun bisa menderita amnesia.
(Source: Tabloid Nurani)