Menu Makan Sehat Berimbang

Pilih Pola Dan Jenis Diet Yang Tepat
Banyak sekali jenis-jenis makanan yang berasal dari hewan dan sayur-sayuran yang mudah kita dapatkan dari pasar, bahkan banyak tumbuh-tumbuhan yang bisa mejadi saru untuk dikonsumsi. Dari kecil kita sudah diajari untuk mengenal empat sehat lima sempurna. Mari kita ingat kembali apa saja komponennya. Ada yang  dari jenis makanan pokok, beras dan jagung serta tepung. Lauk-pauk dari jenis daging dan ikan serta lain-lainnya. Sayuran dan buah-buahan. Yang terakhir yaitu susu. Kesemuanya itu disebut 4 sehat 5 sempurna.
Makanan sumber pembangkit tenaga utama 
yaitu (mengandung karbohidrat, lemak dan protein), padi-padian, umbi-umbian, dan tepung,. Makanan sumber zat pengatur, yaitu ( mengandung vitamin dan mineral), sayuran dan buah. Makanan sumber zat pembangun, yaitu kombinasi antara bahan makanan yang berasal dari hewani dan nabati. Sumber makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Dan jantung koroner. Sebaiknya mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak dengan batasan seperempat dari total energi yang dibutuhkan.
Gula ditakar 3 hingga 4 sendok makan untuk dikonsumsi
Untuk mencegah penyakit gondok dan kelainan pada fungsi kerja tiroid, sediakan dan makanlah garam beryodium. Yodium akan meningkatkan kecerdasan, dan mencegah kekerdilan badan anak-anak. Dosis garam yodium yang dianjurkan adalah satu sendok teh perhari. 
Makanan dari jenis sayuran banyak mengandung zat besi.  
Sangat berguna untuk mencegah anemia. Sayuran hijau, kacang, daging, hati dan telur memiliki kandungan zat besi yanf mencukupi. 
Jika sarapan lengkapilah dengan meminum susu
Hal ini memudahkan tulang mendapatkan tambahan kalsium dan kalori yang tinggi. Konsumsi air yang cukup, sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari menjaga kesegaran dan kelancaran aktivitas organ dalam. Jangan meminum alcohol dan merokok. Olah raga rutin akan sangat baik bagi tulang dan peredaran darah. Perhatikan makanan yang kadaluarsa, dan sediakan kotak obat di rumah Anda.
(Source: Tabloid Nurani)