Menghindari Penyakit Hepatitis Sejak Dini

Hepatitis Bisa Sangat Berbahaya
Penyakit hepatitis ini biasanya diderita sejak mulai kanak-kanak karena factor keturunan. Orang tua yang memiliki penyakit ini juga akan menurunkannya pada bayi mereka. Bahaya sekali. Seorang ibu hamil harus memeriksakan dirinya secara rutin untuk mengetahui apakah menderita hepatitis atau tidak , karena dari aktivitas di luar rumah dengan adanya kontak terhadap orang lain yang menderita penyakit ini juga dapat menular. Penularan ini juga bisa melalui sebuah alat pemotong kuku yang habis digunakan oleh orang lain yang menderita hepatitis B. Hepatitis ini menyebabkan infeksi yang bisa menjadi parah.
Ada jenis penyakit hepatitis A, B dan hepatitis C.
Ketiga jenis ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Semuanya berbahaya bagi kesehatan.
Hepatitis B dapat menyerang bayi yang baru lahir akibat dari ibunya juga seorang penderita penyakit ini. Vaksin dan pemberian imunisasi pada kanak-kanan perlu diberikan guna mencegah dan mengobati penyakit ini. Pada orang dewasa juga dilakukan vaksinasi hepatitis B. Virus hepatitis B ini menular juga lewat kontak seksual dan jarum suntik yang digunakan pada penggunaan narkotika.
Hepatitis C adalah jenis terganas, karena dapat menyebabkan sakit sirosis yang kronis dan penyakit pada hati.  Penularannya dapat terjadi melalui kontak langsung dengan medium cairan darah. Dan dapat menular secara genetic. Transfusi darah atau infuse pada seorang pasien rumah sakit juga diatur sekali pakai, dan tidak untuk berbagi dengan orang lain.
Penanganan secara medis 
harus dilakukan sesuai resep dokter, karena berhubungan dengan penyakit seperti kanker, penyakit pada hati yang bisa kronis, sirosis pembuluh darah. Pencegahannya dapat dilakukan dengan menghindari kontak langsung maupun tidak langsung dengan penderita kedua jenis hepatitis ini. Biasakan pola hidup yang sehat, dan waspada.
(Source: Jawa Pos)