Apa Itu Kista Pada Wanita

Mengerti Tentang Kista dan Bahayanya Bagi Wanita
Jaman sudah modern dan banyak penemuan teknologi di bidang kesehatan, namun masih banyak pula para wanita yang secara teknis kurang mengerti tentang istilah kista dan cara-cara penanganannya. Banyak yang bertanya apakah kista itu. Sebenarnya kista bisa disebut sebagai jaringan yang seharusnya tumbuh di dalam rahim, namun tidak ternyata malah ditemukan pada usus, kulit, bahkan otak. Ada juga yang tumbuh di ovarium dan tubafalopi atau saluran telur. Semua itu disebut sebagai endometriosis. Sel endometrium ini sangat responsive terhadap hormone kewanitaan.
Pada umumnya dapat terjadi pada usia reproduktif. Namun ada juga yang sudah masuk pada masa menopause.
Bila Anda wanita yang sedang mengalami pendarahan hebat saat haid dan menstruasinya tidak tentu atau jumlahnya lebih dari biasanya, maka kemungkinan menderita kista ini.
Sering terasa nyeri pada waktu intim, dan adanya rasa nyeri di pinggang atau panggul.
Sebaiknya segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Akan dilakukan pemeriksaan USG, ultrasonografi. Pemeriksaan MRI, magnetic resonance imaging, juga dapat dilakukan.
Kista ini dapat diangkat dengan operasi bedah
Ada obat yang bisa dipakai untuk mencegah pertumbuhan kista. Jika telah sampai pada stadium yang berat, maka harus dilakukan pengangkatan pada kista tersebut, bahkan hingga pengangkatan organ yang menjadi tempat tumbuhnya, misalnya pengangkatan rahim atau saluran telur.
Pengobatan ringan 
adalah dengan obat untuk meredakan rasa sakit nyeri pada saat haid dan penggunaan hormon untuk meningkatkandan mempertahankan kesuburan agar tetap bisa mangalami kehamilan walaupun menderita kista. Sebenarnya jenis penyakit ini adalah bersifat progresif dan dapat dialami berulang-ulang. Hingga proses operasi tidak lagi dihindari. Pada wanita yang masih menginginkan bisa memiliki keturunan lagi biasanya lebih memilih melakukan terapi dengan obat.
(Source: Jawa Pos)