Tumit Sakit Saat Bangun Tidur

Kasus Sakit Tumit Pada Wanita
Ada seorang perempuan berumur 40 tahun. Selama sebulan mengalami nyeri di bawah tumit kaki kanannya. Nyeri itu muncul saat dia akan berjalan setelah bangun tidur atau istirahat. Keluhan seperti itu sering disebut sebagai plantar fasciitis. Nyeri tersebut muncul jika tiba-tiba berdiri atau berjalan. Terutama setelah posisi tidur atau istirahat. Hal itu disebabkan peregangan plantar fascia saat posisi kaki pronasi (menapak seluruhnya di lantai). Nyeri dirasakan di bagian depan tumit dan sering menjalar ke seluruh kaki.
Lokasi plantar fascia di bagian depan dan dalam calcaneus (tumit).  Pengecekannya, jika di tempat itu ditekan lantas timbul nyeri, itu menunjukkan adanya plantar fasciitis. Dengan foto rontgen, terlihat spur atau tidak ada spur di calcaneus. Ada atau tidak adanya spur akan berpengaruh pada terapi yang akan dijalani.
Ada beberapa latihan yang dilakukan untuk meredakan nyeri. Pertama, kaki jinjit hingga menimbulkan beban di tumit selama 5-10 menit. Selanjutnya dilakukan peregangan pada telapak kaki sebelum berarti atau berjalan.
Ada cara lain yang bisa dilakukan. Salah satunya menambahkan sol karet di bawah heel (tumit). Atau dibuatkan lubang di sol sepatu atau sandal yang dipakai penderita. Injeksi kortison dan haemocaine pada area yang nyeri. Tentu langkah terakhir dilakukan dokter.
(Source: Tabloid Nurani)