Tahap Pemasangan Kawat Gigi

Tips Cara Pasang Kawat Gigi
Bagi yang berencana ingin memasang kawat gigi pada gigi kesayangannya, berikut ini adalah beberapa tahap yang dapat diketahui untuk menyiapkan diri sebelum menjalaninya. Dalam perawatan ortodonsi (kawat gigi),  tahap awal yang pertama adalah konsultasi. Pada tahap konsultasi ini, akan didapat tujuan utama Anda melakukan perawatan tersebut. Juga rencana perawatan tiap tahap, keuntungan, dan kekurangan tiap jenis bahan. Serta, kemungkinan-kemungkinan setelah alat dipasang.
Pada dasarnya, lamanya waktu perawatan ortodonsi itu tidak bisa diperkirakan. Hal tersebut berkaitan dengan kondisi dan respon tulang dan gigi setiap individu yang spesifik. Tahap berikutnya adalah, dilakukan perawatan gigi dan gusi. Gigi dan gusi harus disiapkan agar sehat dan baik oral hygiene-nya. Perawatan pada gigi meliputi penambalan atau perawatan syaraf pada gigi yang karies.
Selain itu pada gigi atau sisa akar gigi yang sudah tidak bisa dirawat lagi. Juga pembersihan karang gigi (scaling). Tujuannya, meminimalkan timbulnya masalah baru yang mempersulit perawatan ortodonsi.
Kemudian bisa langsung dipasang alat ortodonsi. Kemudian, pasien wajib control rutin minimal 3-4 minggu sekali. Tujuannya mengevaluasi selama perawatan dan melihat keluhan lain yang dialami pasien. Sebab hal itu penting sebagai bahan masukan untuk rencana perawatan selanjutnya.
(Source: Tabloid Nurani)