Deteksi Sampo Dari Bahan Babi

Ciri Shampoo Haram Atau Ada Kandungan Babi
Apakah ada sampo yang biasa kita gunakan untuk cuci rambut sehari-hari mengandung bahan dari babi? Kalau ada bagaimana ciri-cirinya?
Tentunya kita perlu untuk melakukan perawatan dan menjaga rambut dan kulit kepala secara rutin agar tetap sehat, segar, bersih dari kuman dan kotoran. Untuk merawat dan menghilangkan ketombe dan mencegah ketombe kembali datang lagi, tentu tidak asing bagi kita untuk menggunakan sampo. Sampo, bila digunakan untuk mencuci rambut biasanya dicampur dengan air. Setelah rambut dicuci dengan sampo, biasanya digunakan produk conditioner untuk menata kembali rambut agar mudah disisir. Selain untuk keramas membersihkan rambut, dalam perkembangannya juga ada sampo yang digunakan untuk aromatherapy.
Secara umum 
sampo terdiri atas 80-90 persen air, 2-8 persen detergen dan foaming agent (bahan penghasil buih), dan sekitar 1 persen fragrance dan pengawet. Seringkali ditambahkan vitamin dan bahkan protein untuk bahan makanan atau perawatan bagi kulit dan rambut. Bergantung bahan yang dipakai. Untuk konsumen Muslim memang harus berhati-hati.
bahan yang harus dikritisi
Sebagai contoh, adanya berbagai Surfactant dalam sampo, bahan yang digunakan untuk menurunkan tegangan permukaan, menjadikan mudah untuk membasahi kulit kepala dan rambut sehingga mudah dibersihkan, termasuk bahan yang harus dikritisi. Karena banyak sekali turunan lemak dan turunan asam lemak yang dipakai pembasah/pelembab/humektan, surfactant, pengemulsi, penstabil maupun pengental misalnya gliserin, mono dan digliserida, sodium stearoyl-2-lactylate dan lainnya. Kalau asam lemak dan turunannya (sebagai garam dan esternya) yang digunakan tersebut berasal dari hewan halal dan disembelih secara Islami, maka halal dan boleh digunakan. Sedangkan yang berasal dari babi atau hewan haram tentulah haram.
Ada Yang Dari Ari-Ari Bayi (Termasuk Haram)
Selain itu ada beberapa sampo yang perlu diwaspadai karena menggunakan bahan yang berasal dari ari-ari alias plasenta maupun cairan amniotiknya. Kalau bahan Placenta dan amniotic liquid sumbernya berasal dari manusia dan hewan haram, maka terlarang untuk digunakan. 
Contoh Sampo Yang Haram
Produk yang mengandung bahan ini antara lain adalah Piloactive Lotion and Shampoo, Dermal Bioactivating Soap, Queen Helene Placenta Shampoo With Panthenol, Placenta Shampoo Bioactive Dermal cream dan Placenta Snow White Lily produk dari Yoshihiro Clinic, Tokyo –Japan. Dan lain-lain.
Yang Lainnya?
Sedangkan yang mengandung bahan bukan plasenta dan bukan merupakan plasenta hewan, tetapi berasal dari tanaman maka diperbolehkan. Sudah banyak sampo yang halal dan tidak mengandung bahan yang najis di negeri kita. Oleh karena itu, perhatikan dan pilihlah yang berlabel halal dan mempunyai nomor registrasi dari BPOM RI atau DepKes RI. 
(Source: Tabloid Nurani)