Cegah Osteoporosis Wanita Pascamenopause

Tips Cara Cegah Osteoporosis
Hilangnya hormone estrogen setelah menopause meningkatkan kemungkinan terkena osteoporosis, gangguan yang menyebabkan tulang menjadi keropos dan rapuh. Cara paling tepat mengatasinya adalah memaksimalkan kepadatan tulang saat masih muda. Orang dewasa perlu makan makanan yang kaya kalsium (1000-1200 mg per hari) untuk mencegah osteoporosis.
Anjuran Dosis Kalsium
The National Institutes of Health menganjurkan bahkan lebih banyak kalsium sampai 1500 mg per hari untuk Anda yang berumur di atas 65 tahun. Makanan yang kaya kalsium adalah susu, yogurt, keju, ikan salmon, dan brokoli. Satu gelas susu mengandung sekitar 300 mg kalsium.
Jika Anda berisiko terkena osteoporosis
dokter akan memberikan tablet kalsium. Namun kalsium bisa berbahaya pada kondisi tertentu. Karena itu, tanyakan kepada dokter sebelum minum suplemen kalsium dosis tinggi. Suplemen kalsium dianjurkan bagi mereka yang tidak kuat dengan laktosa yang ada pada susu, yang biasanya berbau sensitif bagi  yang alergi.
Susu Kalsium Apa?
Sedangkan bagi mereka yang tidak rutin mengonsumsi 3 atau lebih makanan yang mengandung kalsium sehari-hari yang dibutuhkan untuk membantu menyimpan kalsium dalam tulang, maka kebutuhan ini dapat tercukupi dati minum susu. Vitamin D yang murah dan gratis adalah sinar matahari, karena tubuh membuat vitamin D ketika sinar UV menyentuh kulit. Selain itu cobalah untuk rajin berjalan kaki, berdansa, senam atau jogging.
(Source: Tabloid Nurani)