Senyawa Perak Adalah Racun Bagi Sel Kanker

Bagaimana Cara Membunuh Sel Kanker?
Sekarang ini tes laboratorium menunjukkan bahwa senyawa perak dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk mengobati kanker. Senyawa perak ini diindikasikan melalui uji lab, menunjukkan efektifitas setara obat kemoterapi terkenal dan kemungkinan hanya memiliki efek samping yang lebih sedikit. Hasil studi di Universitas Leeds, yang pernah diterbitkan, menunjukkan bahwa senyawa perak tertentu dapat besifat racun bagi sel-sel kanker, berbasis obat Cisplatin, yang secara luas digunakan  untuk pengobatan berbagai jenis kanker.
Tetapi perbedaan pentingnya  
adalah bahwa perak dianggap sebagai bahan yang jauh kurang beracun untuk kesehatan dan bagi sel-sel manusia. Dalam beberapa kasus dapat memberikan manfaat. Perak saat ini banyak digunakan sebagai bahan antiseptik dan property antibiotik yang sering dipakai bersamaan dengan perban untuk luka. Dapat pula digunakan sebagai bahan pemurni atau filter air yang banyak diterapkan di Negara-negara dunia ketiga.
Namun begitu, tetap ada efek samping  
dari penggunaannya. Mual dan muntah bisa kita alami. Kerusakan ginjal dan peningkatan resiko infeksi adalah efek samping umum dari Cisplatin. Biasanya bahan ini sering digunakan untuk mengobati kanker paru-paru, kanker payudara, kandung kemih, testis, kepala dan leher. Dapat pula digunakan pada penyakit kanker yang menyerang ovarium dan getah bening.
Semetara itu, bila harus melakukan kemoterapi 
pasien akan banyak mengeluh karena harus menjalani pengalaman yang melelahkan dalam jangka waktu yang lama. Dan para peneliti memang masih berusaha memecahkan masalah tentang bagaimana menemukan obat yang efektif namun tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kerusakan ginjal dan sebagainya tersebut.
(Source: Berbagai Media Online)