Ilmu Khusus Pemijat Atasi Aneka Keluhan

Tips Menjadi Tukang Pijat
Pijat tidak hanya mengenyahkan pegal-pegal, tetapi juga meredakan beberapa gejala penyakit. Misalnya, insomnia (susah tidur) maupun sakit kepala. Namun, tentu pemijatan harus dilakukan oleh ahlinya. Seorang terapis pijat, menuturkan bahwa ada ilmu khusus pemijatan untuk menyembuhkan penyakit. Selain itu, pemijatan tersebut tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Apalagi untuk meredakan insomnia atau pusing, bagian yang dipijat terbilang organ penting, yakni kepala. Jadi memang harus dilakukan oleh ahlinya.
Bolehkah pijat ke tempat pemijatan umum yang ada di mal? 
Boleh saja, yang penting dilakukan oleh ahlinya. Dengan begitu, bagian yang dipijat tidak salah. Klien pun merasa nyaman karena pemijatan dilakukan tanpa rasa sakit serta meredakan pusing.
Untuk teknik pijat kepala
yang dilakukan adalah memberikan tekanan pada tengah dahi dengan 2 ibu jari. Kemudian, memijat bagian kepala perlahan-lahan. Pemijatan dilakukan dengan hati-hati. Sebab, kepala merupakan organ sentral tubuh manusia. Pasien mengalami insomnia, antara lain karena stress atau beban pikiran yang sangat berat. Hal tersebut membuat syaraf-syaraf menegang. Ketika dipijat, persyarafan yang tegang dikendurkan. Ketika seseorang rileks, tentu dia akan tidur dengan nyenyak.
Agar pasien mendapat efek relaksasi yang lebih besar 
bisa digunakan bunga lavender yang dijadikan minyak asiri. Minyak itu berfungsi sebagai aromaterapi. Awalnya, seluruh badan digosok sambil dipijat perlahan dengan minyak bunga lavender. Dimulai dari telapak kaki, dilanjutkan ke betis. Kemudian bagian atas tubuh. Pemijatan itu punya banyak manfaat. Salah satunya melancarkan peredaran darah.
Jika menemukan spasme (kekakuan ) otot, terapis harus berusaha melemaskannya. Kalau tidak pernah pijat, pasien biasanya merasa badannya sakit semua. Apalagi kalau ada otot yang spasme. Saat dipijat, rasanya seperti teriris-iris. Namun setelah itu pasien merasa enak.
Pijat Yang Nikmat?
Pemijatan diyakini tidak hanya meredakan kelelahan. Beragam keuntungan di berbagai organ juga dapat diperoleh.
SENDI
Aliran getah bening makin lancer. Hal itu meningkatkan gizi jaringan dan mengurangi gangguan sendi.
OTOT
Otot menjadi fleksibel setelah pemijatan. Selain itu, pijat memacu fungsi kontraktil yang mempercepat keluarnya metabolit. Membantu mengatasi nyeri otot superficial, dan memperbaiki postur tubuh yang buruk.
KULIT
Muncul efek yang beragam terhadap kulit dan fungsinya. Di antaranya, membersihkan saluran keringat dan meningkatkan fungsi pernapasan kulit.
SIRKULASI
Terjadi perbaikan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Karena sirkulasi membaik, organ-organ akan bekerja lebih baik.
SYARAF
Secara signifikan, pijat memengaruhi system syaraf tepi dan meningkatkan rangsangan dan konduksi impuls syaraf. Selain itu pijat melemahkan dan menghentikan rasa sakit dengan mempercepat proses pemulihan syaraf yang cedera.
ALIRAN DARAH
Jaringan tubuh terpacu untuk memperluas kapiler dan kapiler cadangan. Selanjutnya aliran darah ke jaringan dan organ meningkat.
(Source: Tabloid Nurani)